Senin, 06 Agustus 2012

FENOMENA “ANAK FK BERJUALAN” YANG MENGINSPIRASI

Beberapa teman saya kerjaannya jualan. Konon ceritanya, bagi kebanyakan mahasiswa lain, anak kedokteran dianggap sangat “prestigious”, eksklusif, kaya-kaya, dan lain-lain. Padahal, kalau anda masuk ke dunia kedokteran buanyak banget yang kerja sampingannya jualan. Selama yang dijual halal mah ga apa-apa kan yaaa?? ^^

Dari sekian banyak yang jualan, ada beberapa mahasiswa yang menginspirasi saya..

1.       Chakra putra pratama
Pria yang duluya ke kampus memakai mobil dan ketika koass malah jadi pakai motor ini adalah kakak tingkat saya, angakatan 2007. Oke, saya manggilnya jadi kak Chak aja ya, ni orang sejak mahasiswa emang terkenal aktif dan rajin. Saking rajinnya, hal yang sebenernya ga perlu dikerjakan malah dikerjakan. Beliau juga mumpuni di organisasi, pernah jadi sekretaris umum BEM FK loh..daaaaan kak chak dan (calon) istrinya selalu duet kombo sebagai orang yang paling sering berjualan di kampus. MANTAP. Dari buku-buku kedokteran, udah itu stiker nama, kue, dan masih banyak lagi, pangsanya ampe kakak2 residen se rumah sakit M. Hoesin Palembang cuy… Saya salut ama ni orang, dia ga canggung-canggung nawarin berbagai barang seperti kue dengan tampang seramnya. *piss kak *.Jiwa enterpreneurnya juga bisa jadi teladan, beliau bela2in ikutan EU (kuliah bisnis) gitu yang menghabiskan uang jutaan untuk mengembangkan kemampuan bisninya. Kalau denger ceritanya, salut men..

2.       M. Reza Arlas
Beliau ini sama kaya kak chak, kakak kelas saya juga. Pernah jadi ketua DANA USAHA BEM FK ni bro… Beliau ini juga dulunya jualan buku. Sebagai sesame penjual buku kecil2an kita sepakat bahwa sangat susah jualan buku tanpa kendaraan. Mana untung ga seberapa. Buku-buku juga berat bawanya. Karena tak ada mobil, akhirnya bolak-balik lah pakai kardus yang diikat di motor. Haha.. sama persis kaya saya dulu. Pernah ni kk cerita kalau dulu dia pernah carter angkot dari Palembang ke Indralaya (kampus besar Unsri) yang memakan waktu 1 jam perjalanan untuk mengantar buku. Oh men.. perjuangan banget ini. Niat beliau berdagang untuk membantu meringankan beban orang tua menjadi inspirasi saya untuk tetap berdagang. *berdagang apa saja yang penting halal dan menghasilkan. Iya kan? Ssttt…kakak ini 4 bersaudara dan semuanya kuliah di kedokteran. Mantap.





3.       Muhammad Rizky Felani
Kali ini,  adik kelas saya.. beliau orang yang cukup pendiam tetapi kritis. Beliau pernah jadi ketua Dewan perwakilan mahasiswa (DPM) FK Unsri. Diam-diam, tak disangka jiwa bisnisman ada di dalam dirinya. Sekarang dia menjadi pemegang kendali pusat penjualan minuman di lingkungan FK Unsri.. mantab kan.. dan anda tahu, mungkin kalau anda bertemu beliau anda akan heran kenapa dia mau repot2 bisnis. Pulang pergi kampus naik kendaraan sendiri (baca: mobil), orang tuanya adalah dokter konsultan jantung dan pembuluh darah. Jadi, sebenarnya uang bukan masalah. Tapi disitulah menariknya dan jadi inspirasi bagi saya… dia tetap berjuang mencari uang sendiri, dengan usaha sendiri. 
 







4.       MJ Erwin dan adiknya (Iding)

Lihatlah dulu foto yang saya cantumkan. Ya, dia adalah kak Erwin. Itu foto Cuma gayanya aja bro… aslinya, beliau adalah pejuang tangguh, ketua ROHISnya FK UNSRI nih dulunya à BPPM IBNU SINA FK UNSRI. Beliau ini orangnya super baek. Hehe. Kerjanya senyum terus. =D. Nah, pas saya lagi stase di Penyakit dalam, beliau juga baru masuk, ketemulah kami akhirnya. Ternyata beliau  membantu orang tuanya jualan. Keren. (jadi ingat Ibu saya yang juga jualan nasi di rumah).  Sistem yang beliau tawarkan “delivery” gratis. Menu makanan per hari pasti di smsin ke kita-kita. Daaan serunya, pas sahur juga tersedia delivery. Wah, Alhamdulillah banget bisa makan makanan yang masih anget, bukan makanan yang dibeli sore dan dipanasin via magic com. Hasilnya memang sama-sama anget, rasanya beda. Hehe… Iding adalah adiknya, duo bersaudara ini sore jam 5 kurang sudah keliling madang dan sekitarnya untuk nganterin pesenan, demi pelanggan berbuka tepat waktu. Pernah saya ketemu, akhirnya beliau berbuka di jalan-belum sempat pulang demi customer. Bayangkan kalau subuh?? Jam 3 beliau sudah keliling2 nganter makanan. Termasuk ke kosan saya. Inspiratif, dan thx kak atas makanannya yang masih anget. :P

Masih banyak sih, tar lagi deh saya lanjutin… sejak jadi koass… ngetik di blog gampang capek ni

Yang pasti, Bisnisman itu ga sekedar nyari duit tujuannya.. tergantung niat kita. Bisa nyari pahala juga kok. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by phii | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code