Minggu, 25 Maret 2012

Modul pribadi KOASS Radiologi #3

USG...

Malam ini kita hanya sedikit membahas USG...
Jujur saja, saya cukup menghabiskan waktu untuk memahami USG ini... di mulai dari cara kita melihat hasil USG. Posisinya bagaimana, mana yang di atas, dan mana yang di bawah. Bagaimana sudut kita melihat. Pokoknya semua sulit ketika pertama kali saya melihat USG. (ini juga karena saya 2 hari izin bimbingan disebabkan berangkat ke bandung). namanya perjuangan, harus ada yang dikorbankan.

oke.. hal paling mendasar ketika membaca foto hasil USG adalah mengetahui bagaimana dasar posisi foto.
1. Misal, USG abdomen, maka bagian paling atas foto adalah dinding abdomen.
2. Apabila kita berhadapan dengan foto, posisi foto yang berhadapan dengan Sebelah kiri kita adalah posisi kanan pasien.
3. Maka, gambaran keseluruhan foto USG adalah gambaran yang terlihat bila kita membayangkan potongan axial pasien dengan sudut pandang dari bawah (analoginya, pasien terlentang... dan kita melihat telapak kaki pasien-sama kan dengan CT Scan).
4. Apabila menemukan sesuatu yang saling menutupi, jangan malu untuk membuka atlas anatomi, karena radiologi sangat berkaitan dengan anatomi. Banyak hal yang terlihat aneh, tetapi ketika kita memahami posisi anatomi secara 3 dimensi, maka hal tersebut menjadi normal adanya.

berikut 2 contoh yang cukup sering di USG:
1. USG Hepar

2. USG Jantung:



3. USGTUG

(ukuran batu dapat langsung dihitung, pada kasus diatas ukurannya 8,61 cm x 3,24 cm x 1,03)
Disamping itu, lihat ukuran ginjal,, pada CKD stage 3 keatas terjadi atrofi ginjal. Sehingga ukuran ginjal mengencil...Dapat pula terjadi hidronefrosis pada ginjal karena batu. Ukuran ginjal normal 11-13 cm. Umumnya, 10 cm pada orang Indonesia masih di anggap normal.

Perhatikan VU dan Prostat. Prostat terjadi perbesaran. Besarnya dapat kita ukur dan beratnya 46,9 gram. Berat normalnya sebesar 20 gram. Perbesaran prostat ini cenderung BPH (benign prostate hypertrophy)

Hal yang perlu di cantumkan pada interpretasi:
1. Ginjal Kiri, 2. Ginjal Kanan, 3. Vesica Urinaria, dan 4. Prostat.

(Nanti dilengkapi lagi-Bersambung)

1 komentar:

amBo mengatakan...

aslkm dr. franz.
sy pya keluhan sakit perut di sebelah kiri sejak sebulan yang lalu hampir 2 bln, terkadang sy jg sakit pinggang sebelah kiri.
kira2 knp y?
sy sdh usg abdomen tp kata doktery msh normal sj. huffhh..

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by phii | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code