Minggu, 06 Mei 2012

Terlalu Banyak Hambatan Klasik di MPA ISMKI

Sebagai ketua, rasanya agak tabu membeberkan kekurangan organisasi/ himpunan yang diketuai. Tapi kali ini tidak bagi saya. Semua harus kita awali dengan kejujuran dan introspeksi. Jangan takut untuk dinilai salah oleh orang ketika kita benar-benar salah. Sapa tau nantinya kita malah mendapat inspirasi untuk berubah. Mumpung saya lagi ada sedikit waktu senggang, saya ulas tentang beberapa kelemahan MPA ISMKI saat ini (sebenarnya kelemahan dalam 1 bulan belakangan).

Sejak bulan desember, saat ini memasuki bulan keenam amanah kami sebagai MPA ISMKI. Amanah yang berat karena amanah ini diwariskan tanpa warisan. Bahkan program kerjapun tak ada. Sekarang, alhamdulillah telah terdapat beberapa kejelasan. Dalam 4 bulan pertama, semua baik-baik saja. Rasanya ada 10 kali kami melakukan Net Meeting. Memasuki bulan kelima, semua menjadi berantakan lagi... lagi dan lagi... masalahnya hampir sama, masalah klasik yaitu kesibukan dari masing-masing MPA. Maklum, MPA ini berasal dari kalangan yang sudah sepuh. Campuran sejawat angkatan 2008 dan 2007. Jadi agak sulit mengatur waktunya walaupun hanya 4 orang.
berpose di depan kantor gubernur Jambi

Dapat dibilang ini juga kesalahan saya, 8 minggu yang lalu saya baru masuk koass alias dokter muda. Membutuhkan adaptasi yang luar biasa. 3 minggu yang lalu saya pergi ke jambi untuk koass di RS Jiwa Jambi selama 2 minggu, disana tidak ada sinyal modem smart. So, saya benar-benar hilang dari peredaran dunia maya. 3 minggu belakangan tidak ada NM sama sekali. Rencananya tadi malam mau mengadakan NM, tetapi beberapa MPA tidak mengonfirmasi dan ada yang berhalangan. Jadi, NM dibatalkan. Again. Sebelumnya juga banyak kejadian yang menghambat komunikasi kami ber4, sinyal internet. Ada juga beberapa kondisi seperti sakit, sehingga MPA tidak mungkin kan dipaksa ikutan NM. Bahkan beberapa tugas MPA yang seharunya sesuai deadline menjadi molor. Termasuk NM MPA dan BAPIN, hingga saat ini belum dapat dilaksanakan. Alhamdulillah NM MPA-WILAYAH, MPA BPN, dan MPA PHN sudah terlaksana. 

Ingin rasanya direct meeting (DM), akan tetapi dari segi perizinan sangat tidak memungkinkan. Padahal pembahasan kita tentang rekomendasi ketika rakornas masih tersisa. Semakin hari rakornas juga semakin dekat. Untung salah satu MPA berada di Bandung dan mudah-mudahan bisa mewakili kami yang tidak dapat berangkat rakornas. Jujur, menjalankan amanah sebagai seorang organisator bersamaan dengan koass merupakan sesuatu yang sulit. Mungkin inilah yang terjadi pada generasi beberapa tahun sebelumnya.

Sekarang bukan saatnya lagi menggerutu. Yang ada di pikiran saya hanyalah satu. Bagaimana mengefektifkan semua fungsi MPA?? mengingat kita masih punya sisa waktu 7 bulan ke depan untuk merubah apa saja yang perlu diubah. Saya juga sangat yakin dengan kemampuan ketiga orang MPA lainnya. Mereka adalah generasi-generasi yang berkualitas, contohnya Mega, dulunya adalah PH PSDM Nas ISMKI, mas Aldi dulu menjabat koord KIK Nas ISMKI selama 2 periode, dan Arya Giri adalah seorang ketua BEM dan duta kesehatan bali. Mereka orang-orang yang luar biasa. Karena itu saya optimis bahwa kejadian 1 bulan terakhir tidak akan terulang kembali.

Insya'Allah setelah rakornas, akan ada sedikit perubahan teknis kerja di lapangan. Hal ini akan di diskusikan setelah rakornas. Insya'Allah hari rabu malam, 9 mei 2012 kami NM untuk membahas rekomendasi MPA.

Sebagai info tambahan: dulu, sebelum saya jadi MPA, salah satu keinginan saya adalah merubah paradigma DPM FK di Indonesia. DPM dan BEM itu harus dalam satu payung. Karena di beberapa universitas, kadang DPM dan BEM seringkali kurang harmonis. Diharapkan dengan adanya sebuah pelatihan, yang namanya "temu legislatif" kerja DPM dan BEM sinergis. Tapi karena MPA ini ga pernah punya fungsi EO dan tenderisasi gimana cara mengadakannya?? ternyata Allah berkehendak lain. Alhamdulillah melalui beberapa kali perbincangan yang awalnya hanya via facebook, Insya'Allah pihak DPM FK Unsri bersedia menjadi tuan rumah "temu legislatif" tersebut. Mudah-mudahan memang benar-benar terwujud ya. aamiin.



1 komentar:

M. Rizky Felani mengatakan...

InsyaAllah, A~miin kak...

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by phii | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code