Minggu, 15 Juli 2012

Akhirnya Bertemu Juga Dengan Prof. Anwar

Pertama kali berkenalan dengan beliau adalah tahun 2011 yang lalu, itupun hanya melalui fac*book. Saat itu saya masih menjabat sebagai koord kastrat nasional yang memang berkutat dengan perjuangan anti rokok. Beliau sendiri adalah Professor dengan spessialisasi ahli tumor paru. Dari sekian banyak sesepuh didunia kedokteran yang saya kenal beliau merupakan orang yang sangat eksis di fb, sehingga sangatlah mudah bila ingin mengajak beliau berdiskusi dan meminta saran mengenai sesuatu hal. 

Tidak banyak loh orang dengan title Professor mau meladeni pertanyaan mahasiswa secara panjang lebar, tapi beliau tidak. bahkan menawarkan bantuan ketika kami melakuakn peringatan hari tanpa tembakau sedunia. Dalam perjalanan saya mengenalnya, saya masih ingat statement yang menurut saya patut dijadikan panutan, intinya orang yang diuntungkan dengan adanya rokok adalah Spesialis paru, selebihnya tidak diuntungkan. Makanya beliau yang merupakan spesialis (konsultan) dalam bidang penyakit paru malah mengajak saya dan teman-teman memperjuangkan kegiatan anti-rokok. Padahal, kalau kita pikirkan ulang, semakin banyak orang yang merokok semakin banyak yang jadi pasien beliau. Ternyata tidak demikian. Menjadi seorang dokter, adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, bukan mengobati masyarakat yang sakit. Beliau adalah Prof. dr. Anwar Jusuf, SpP (K).

Hampir satu tahun saya mengenal beliau lewat fb, hingga akhirnya 2 hari yang lalu saya mendapat pesan dinding dari beliau yang intinya beliau mengabarkan sedang berada di Palembang untuk menjadi pembicara. Malamnya saya berkomunikasi dengan beliau dan berencana berkunjung ke hotel. Akhirnya, saya bertemu beliau, ternyata beliau sudah menunggu di loby hotel. Ternyata perawakannya diluar perkiraan saya. Di umur hampir 70 tahun Rambut beliau memang sudah putih semua (mirip professor,,, memang professor sebenarnya,hehe), tapi beliau jauh lebih gagah dibanding fotonya di facebook dan tutur katanya sangat baik serta lembut. Untuk pertama kalinya saya bertatap muka +berjabat tangan dengan beliau. Kalau dipikir-pikir saya agak nekat juga ya. Haha…

Akhirnya kita ngobrol-ngobrol tentang berbagai macam hal, dari rokok hingga masalah sistem pendidikan kedokteran di Indonesia. Sudah lama saya ga merasakan diskusi diluar kepentingan akademis yang menyenangkan seperti ini, *apalagi semenjak saya tidak di kastrat lagi. Ga lama setelah itu, beliau ternyata mau pergi dan mengajak saya ikut serta. Saya sempat bertanya mau kemana, beliau bilang mau bertemu teman dan mengajak untuk ikut saja. Saya ikut deh. Ternyata,,,, memang benar, beliau bertemu teman-teman beliau, yang tak lain juga guru-guru saya dikepaniteraan klinik. Ada dr. Jusuf Pohan, Sp.P dan DR. dr. Joni, Sp.P, serta spesialis paru yang bekerja di sumatera. Waduhhh… saya langsung grogi gitu.. Untung Prof memperkenalkan saya sebagai temannya. Haha… Saya merasa senang sekali sebenarnya dapat berada dimeja yang sama denga para spesialis+konsultan+Professor di bidang paru. Banyak cerita dan pengalaman yang saya dengar dari mereka, menjadi inspirasi tersendiri bagi saya untuk terus menuntut ilmu dan berbuat baik. 


Oia, saya lupa bilang. Sebelum berangkat makan malam tadi, Prof ke kamarnya sebentar untuk mengambil laptop. Ternyata laptop tersebut dibuka sembari menunggu makanan disajikan dan beliau sengaja membawanya karena ingin menyampaikan beberapa hal pada saya. Dimeja makan beliau membuka beberapa materi, lalu kita melanjutkan diskusi dimulai dari rokok hingga program DOTS. Wah, jadi terharu karena saya dianggap serius sebagai teman diskusi. Well, akhirnya kami pulang ke hotel dan sayapun pamitan. Besok Prof.nya akan menjadi pembicara lagi dan jam 18.00 pulang ke Jakarta (sayangnya saya lagi jaga IGD jadi tidak bisa bertemu).

Berhubung udah maghrib, sampai disini dulu ya ceritanya…Hakikatnya, hal ini menjadi pengalaman baik bagi saya. Menjadi orang besar tak hanya dalam hal penampakan luar, tapi juga penampakan dalamnya (hati yang besar- tapi bukan hepatomegali yaa…hehhe).

*mohon maaf bila terjadi kesalahan dalam menuliskan gelar, =__=

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Mba .. Bole tau apa nama fb nya dr. Anwar jusuf? Terima kasih banyak mba

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by phii | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code