Senin, 28 April 2014

memberi = menerima. niat..niat..dan niat..

Ketika tangan kita terkepal kita tak mungkin dapat memberikan benda pada org lain
Ketika tangan kita terkepal kita pun tak dapat menggenggam sebuah benda
Bila...
Tangan kita terbuka. Maka kita dapat memberikan benda itu
Saat tngan kita terbukalah kita dapat menggenggam benda tersebut.

Jadi bila kita berpikir bahwa kita memberikan sesuatu kita akan rugi. Maka pikirlah lagi bahwa ada kemungkinan kita bakal untung. Tapi mohon memberi dgn harapan dpt menerima jangan dijadikan niat.riya namanya itu... Sadarilah bahwa rezeki dari Allah SWT selalu datang dari arah tak terduga.

Hari ini.. sy lagi ndak bisa tidur..
Kembali memutuskan menulis blog.. mumpung inget ttg cerita menarik. Tapi sebelum cerita, mohon banget cerita ini jangan disalahartikan sebagai bentuk kesombongan saya atau kami, maupun pamer. Ini murni hanya sekedar sharing ttg nikmat yg Allah berikan melalui jalan yang tak disangka.

cerita pertama adalah tentang sedekah. Saya punya pengalaman menarik, saat saya koassdi bagian litmin, ada pasien rawat inap yang tentunya sangat lama dirawat. Memang kondisinya semakin membaik, tetapi yang mengherankan, kok tidak ada keluarga yang menemani. Ahhh..saya jadi kepikiran hingga akhirnya saya dan teman bertanya.. kira2 beginilah isi cakapnya, agak2 lupa. Awal mulanya percakapan gara2 pasien minta pulang.
Kami : pak,kenapa keluarganya tidak menemani??
Pas : enggak dok. Kalau mereka disini siapa yg cari uang.
Kami : cari uang buat apa pak? Kan gratis.
Pas : iya dok gratis. Tapi kan kalau keluarga disini mereka butuh makan. Dari rumah sakit hanya saya yg ditanggung. Sy juga disuruh banyak minim.4 botol aqua besar. Itu sudah menghabiskan uang 16 ribu dok sehari.saya berapa hari disini.

Hhmmm..16 ribu yang begitu berharga. Pasien yg merasa tidak enak hati menghabiskan uang 16 ribu tiap hari walau untuk kesembuhannya. Yang harus sendirian di rumah sakit ga ada yang ngurusin. Hingga minta pulang agar bisa bekerja lagi. Sanggupkah kita seperti itu??   hingga akhirnya teman2 ngajakin sumbangan.. alhamdulillah banget tadi ada rezeki org bayar fotokopian seharga x ratus ribu. Karena uangnya adalah uang saya dan rahman ya minta izin dulu. Alhamdulillah di acc amazing rahman. Jadi semua uang fotokopian yg tadi didapat kita kasih ke si bapak bareng sumbangan temen2 yg lain. Hehe... kalau diinget lucu2 sih ceritanya soalnya temen2 yang cewe pada bingung gimana ngasih duit yang kami kumpulkan ke pasien tsb.mana di bangsal rame kan.takut menimbulkan kecemburuan. Tapi berhasil kok!!!!   Secara prinsip ekonomi..mungkin saya rugi. Tapi ternyata tidak.hehhe... luar biasanya..  beberapa jam stlh kasi sumbangan, ada telf masuk. Sy yakin itu bukan kebetulan. Tapi rencana Allah. Kami dapat orderan baru sejarga 5x ratus ribu. Entah kenapa saya yakin sekali ini bener seperti sebuah skenario. Dan saya malah yakin, bila ga ikutan nyumbang.mgkin ga dpt orderan tadi.

Dilain kesempatan saya malah dikagetkan ama si rahman. Kebetulan saya punya sahabat karib. Teman saya ini luar biasa mandiri dan paham kondisi ortunya. Kalau soal susah saya rasa teman seangkatan saya di kuliah ga ada yg sesusah dia. Pernah karena ga ada uang dia cuma makan 1   bakwan saja seharian. Kalau sudah benar2 ga ada uang, menunjukkan gejala sakit, sempat ga makan dulu beberapa waktu...barulah dia minjem uang ama temen. Pas kebeneran dia mau minjem. Pas pula saya lagi ga ada uang. Tapi sy tetep ga tega ga bisa bantu beliau. Tapi apa daya... uang ya tetep ga ada. Akhirnya ngehubungin si rahman. Ceritain kondisi sahabat saya sejujurnya.. dan diakhiri. Ente bisa bantu ga?? Hal itu sy lakukan tanpa sepengetahuan temen yg mau minjem tadi. Subhanallahnya si Rahman ngejawab.. oke blek. Nanti ane kirim x ratus ribu. Berapa no. Rekeningnya??    (x lebih besar dari biaya rental mobil+supir).  senang dan bangga punya 2 sahabat yg luar biasa seperti mereka berdua. Walau tak saling kenal. Tapi mereka ikhlas membantu. Respect!!

Ada lagi cerita pas sy agak2 kere. Rencananya ngehemat. Tapi pas lewat depan IAIN. Malah liat budhe2 jualan cendol. Suasana panas. Kasian bgt liat si budhe. Yaudah kayanya ga apa deh cari makan yg harganya segini biar bisa beli cendolnya budhe. Sejujurnya saya ndak suka cendol.dan baru itu juga beli cendol sm beliau... jadi pas beli makan. Yang saya kira harganya x ribu. Ternyata lebih murah dari yg saya duga... dan selisih biaya yg saya anggarkan buat beli nasi bungkus  ini ternyata sama dgn  harga es cendolnya si budhe. Hahahaa... setelah itu saya jadi tertawa menertawakan diri saya sendiri. Kalau ga ada niat puter balik motor untuk beli jualan si budhe ak mgkin ga akan bisa bantu habisin jualan. Padahal sedang program penghematan. Tapi ternyata semua itu harus di awali niat. Kalau Tuhan acc. Ya penghematan bisa jalan dan bantu orang juga bisa jalan. Dengan biaya yang sama lhoooo.. :)). Ga kepikiran. Niat..niat..niat..dan niat..

Yaaaa..bener banget. Ga kepikiran. Kadang yg kita pikirkan itu terlalu fokus pada apa yg kita butuhkan. Bukan pada apa yang bisa kita berikan. Meskipun hanya sebatas niat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by phii | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code