Selasa, 12 April 2011

ISMKI dan kepedulian mewujudkan Indonesia sehat dan bebas asap rokok


 

Ikatan senat mahasiswa kedokteran Indonesia (ISMKI) melalui dept. Kajian Strategis dan Pengabdian Masyarakat akan memperingati  Hari tanpa tembakau sedunia (HTTS) tanggal 30 mei nanti. Mari semua institusi yang merupakan jiwa pergerakan mahasiswa kedokteran untuk mempersiapkan dan merealisasikannya.
Nasional
Untuk ranah nasional kegiatan dilakukan terpusat, di Jakarta dengan FK Ukrida dan FK UI sebagai pusat kepanitiaan. Di ranah nasional telah dijalin beberapa kerjasama, antara lain:
  1. ISMKI bekerjasama dengan Komisi Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT) untuk melaksanakan longmarch dan aksi simpatik bersama perwakilan BEM/FK seluruh Indonesia (berbarengan dengan kegiatan Rakornas), dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 29 Mei 2011 dengan panitia pusat BEM FK Ukrida.

  1. ISMKI bekerjasama dengan departemen pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI-Rumah Sakit Persahabatan (RSP) dan Perhimpunan dokter paru Indonesia (PDPI).  Adapun kegiatan yang akan dilakukan sebagai berikut.
A. Seminar bersama senat seluruh fakultas di UI (SARASEHAN). Akan diselenggarakan di Balai Sidang UI Depok tanggal 1 Juni 2011. Konseling mahasiswa UI, dimana tiap fakultas akan mengirimkan 10 orang delegasi. Tema: Rokok ditinjau dari berbagai aspek. Diharapkan mahasiswa bisa memahami kerugian merokok dari berbagai aspek (tidak hanya mahasiswa FK, tapi semua fakultas), bukan nya dari aspek kesehatan.
Pembicara yang akan hadir:
1. Hukum (HAM)       : * (kemungkinan Abdilla Hasan)
2. Ekonomi                  : *
3. Pendidikan              : Anis Baswedan (Rektor Paramadina, yang
  menjadikan kampus tersebut antirokok)
4. WHO/pekerja sosial/aktivis lingkungan hidup: * (Kemungkinan dari
  FKM UI)
5. Kesehatan                : dr. Sarimuda Pohan, Sp.OG
Dalam kegiatan ini juga akan mengundang pihak pers: Media Indonesia, OK Zone, RCTI, Metro TV, TV one, BEMedia, MA, Republika, dll.
 (* dalam tahap konfirmasi)

B. Talkshow. Narasumber dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI). Akan diadakan pada tanggal 23 Mei 2011 dengan FK Ukrida sebagai tuan rumah.

C. Lomba poster berhenti merokok melibatkan mahasiswa dan paramedis. Poster dipamerkan pada saat HTTS 2011. Hadiah berupa uang bagi 2 poster terbaik. Tema: "Save children clear in the air", ketentuan dan persyaratan akan dipublish secepatnya. Dikirimkan maksimal tanggal 20 mei 2011 melalui email dan dicetak serta dikirimkan langsung ke sekretariat departemen Pulmonologi RS Persahabatan.
Pameran poster akan dilakukan saat Rakornas ISMKI (ada stand khusus pameran poster) di lobby bawah FK UI dan poster tersebut akan dibawa saat longmarch. Pameran akan diadakan tanggal 27-29 Mei 2011

D. Pelatihan konseling berhenti merokok untuk mahasiswa FK dan persiapan penyuluhan ke sekolah-sekolah (Kerjasama dengan PDPI): Sabtu/Minggu, 20/21 Mei 2011 di Ruang Conference RS Persahabatan. Pada pelatihan ini akan dilatih cara konseling dan terapi berhenti merokok Sasarannya adalah mahasiswa kedokteran yang akan dijadikan "duta" antirokok dan akan mengisi outlet-outlet yang ada.
Syarat: mahasiswa kedokteran yang ikut bersedia menjadi "duta" dan mendapat tugas jaga di outlet-outlet antirokok yg sudah ada. Pelatihan dilakukan selama 1 hari penuh.

E. Pembuatan outlet di salemba 4 (fkui) dan stasiun UI Depok: 1-3 Juni 2011

Lokal
ISMKI bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI). Untuk ranah lokal, ISMKI telah menjalin kerjasama yang dapat membantu pergerakan di ranah lokal melalui PDPI. Ketua PDPI pusat akan memberikan rekomendasi kepada seluruh PDPI cabang di seluruh Indonesia agar bekerjasama dengan BEM/ SEMA Fakultas kedokteran di seluruh Indonesia untuk menyelenggarakan talkshow/seminar edukasi ke masyarakat umum dan pelajar dengan pembicara para dokter spesialis paru dari PDPI cabang. Sehingga masing-masing fakultas kedokteran dapat menghubungi PDPI cabang yang ada. Karena tidak semua tempat yang ada fakultas kedokterannya ada cabang PDPI.
            Ranah lokal adalah ranah di mana institusi sebagai penggeraknya. Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain:
  1. Penyuluhan bahaya rokok kepada siswa-siswi SMP dan SMA oleh mahasiswa kedokteran di setiap institusi (Bekerjasama dengan PDPI Cabang)
  2. Longmarch kampanye anti rokok oleh mahasiswa kedokteran se-Indonesia
  3. Mengumpulkan testimoni dari stakeholder baik nasional maupun lokal sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap buruknya dampak rokok bagi masyarakat dan membubuhkan tanda tangan di spanduk yang mendukung Indonesia sehat yang bebas bahaya rokok.
  4. Senam jantung sehat untuk masyarakat
  5. Talkshow bahaya rokok dan kiat-kiat berhenti merokok demi mewujudkan kampus Indonesia bebas rokok. (Bekerjasama dengan PDPI Cabang)
Pengurus nasional melalui Departemen Kajian Strategis dan Departemen Pengabdian Masyarakat ISMKI menyarankan ke-5 kegiatan tersebut dilaksanakan di daerah institusi berada. Akan tetapi pelaksanaan di lapangan dikembalikan kepada masing masing institusi, apakah 3 dari 5 yang dilaksanakan, bahkan kelimanya + kegiatan khas dari institusi masing-masing. Konsep yang ditawarkan bertujuan mempermudah institusi untuk bergerak. Harapannya, kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh Fakultas Kedokteran anggota ISMKI.

 Untuk mendownload proposal, silakan klik link dibawah ini:
proposal HTTS 2011. kastrat-pengmas ISMKI. 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by phii | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code