Minggu, 16 Oktober 2011

bubur KACANG IJO. menjawab 1 masalah mahasiswa FK. *wish

Makanan adalah kebutuhan paling dasar dari makhluk hidup. termasuk bagi mahasiswa pendidikan dokter yang lagi memperjuangkan cita-citanya di kampus madang FK Unsri. Terdapat 3 kelas di kampus madang. satu kelas kira kira berjumlah 120-130 mahasiswa, kalau kita kalkulasikan ada 400an mahasiswa.

Dari 400an mahasiswa ini, berdasarkan sample dikelas saya, terdapat 40% mahasiswa yang berasal dari luar palembang--> mahasiswa rantau yang kos-kosannya tersebar diwilayah madang. Mahasiswa yang ngekos ini, termasuk saya juga sih, jarang yang namanya sarapan pagi. bukan tidak mau, tetapi saat pagi hari disekitar kosan hanya ada jualan nasi uduk. Dulu sih saya sering beli, hingga akhirnya anti klimaks ama nasi uduk (BOSEN). sensasi santannya selalu mengganggu sistem limbik saya =__=.

Ketika sampai kampus. jam setengah 8- jam 8 belum ada yang jualan. Kalaupun ada, yang dijual adalah gorengan (dari bakwan, tahu, tempe, pisang, dan pempek lengkap dengan cukanya). saya rasa semua mahasiswa juga tahu bahwa makanan ini sangat tidak baik dikonsumsi sebagai pengganti sarapan pagi. akan tetapi karena masih sangat pagi, perut lapar, serta tak ada pilihan yang lain. semua pada membeli ini. jadi, "ketersediaan makanan tidak juga menjamin sesuatu yang baik". tergantung makanan seperti apakah yang akan kita santap.

tibalah kini saya di blok 20. Blok 20 mengajarkan saya untuk meningkatkan derajat kesehatan melalui PHE (promosi kesehatan). Promosi kesehatan ini ditekankan pada upaya pendidikan *edukasi dan upaya untuk memfasilitasi. masalah makanan adalah sesuatu yang harus dirubah menurut saya. sebagai calon tenaga kesehatan, seharusnya kita memberikan contoh yang baik. bagaimana mau bilang "jangan makan gorengan ya, ga baik itu untuk kesehatan" tapi kerjaan kita makan gorengan terus pas mahasiswa. #kalau saya senengnya pempek. ckckckc..ini lebih parah lagi.

dan tibalah akhirnya saya dibuat GALAU oleh dua orang dosen saya, seorang Professor bidang Obstetri Ginekologi, Prof.dr.Usman Said, Sp.OG(K) dan seorang Profesor di bidang kedokteran okupasi yaitu Prof.dr.Tan Malaka, Dr.PH, Sp.Ok (maaf kalau ada kesalahan posisi dan penulisan gelar). 

Prof.Usman saat ceramah jum'at mengecam kami untuk malu kepada burung pipit kecil yang terlentang. kenapa? saat itu burung elang lewat dan melihat burung pipit yang mengangkat kedua kakinya ke atas dalam posisi terlentang. dengan herang sang elang bertanya, dan terjadilah dialog singkat:
Elang : hei pit!! kenapa kau seperti itu?
Pipit : aku dengar langit akan runtuh. karena itu aku menaikkan kakiku untuk menahannya.
Elang: wah, kalau langit rubuh, mungkin kakiku yang besar ini tidak bisa menahannya apalagi dengan kaki kecilmu pit.
Pipit: (si pipit pun menjawab dengan tulus) biarlah... tidak apa kalaupun tidak bisa, paling tidak aku berkontribusi walaupun kecil. berkontribusi untuk menahan langit ini untuk tidak runtuh.

lalu cerita Prof.Tan Malaka,
Ada suatu kasus,dimana ada suara bising dari mesin yang bisa mengganggu fungsi pendengaran seseorang. (perlu diketahui nilai ambang batas kebisingan itu berbeda beda. misal pada lingkungan sekolah, rumah sakit, tempat ibadah, perumahan, nilainya 55dB, ada pula waktu pajanan yang diperbolehkan). Lalu bagaimana yang kamu lakukan???
sebagian besar pasti berpikir untuk memroteksi orang yang bekerja dengan cara menyuruhnya memakai penutup telinga. dan Prof Tan bilang, jangan cepat bilang TUTUP KUPING!! lalu dilanjutkan, mungkin itu bisa memroteksi. tapi apa mungkin kalau dia kerja 8 jam dia tutup telinga terus. sama saja dengan orang tuli. coba kalian dibuat seperti itu. *jeglek*kami tertohok. Langkah real yang bisa diambil adalah memodofikasi mesinnya bagaimana agar suaranya tidak terlalu bising. Lalu, bagaimana caranya?? kita kan dokter bukan orang mesin. Karena itu kita harus kerja lintas sektoral. cari engineer, mereka yang buat mesinseperti itu. jadi mereka juga punya tanggung jawab atas mesin yang mereka buat. kalau sudah selesai. semua beres bukan. 

Menurut saya itu merupakan dua cerita sangat singkat yang hanya didapat dari pengalaman hidup yang panjang. lalu bagaimana implementasinya dalam masalah "makanan" tadi?

jadi. singkat cerita saya ada ide mau menambah menu dengan bekerja sama dengan salah satu penjual di kantin kita. "mustahil kalo dipikirkan saja, harus dijalankan untuk mengidentifikasi letak kemustahilan". nah.. berhubung saat ini masih sendirian, saya juga masih menunggu terbentuknya kakak asuh & adik asuh G.A.L.A.U. jadi nanti mereka yang akan mengelola ini, agar nanti mereka belajar bagaimana berwirausaha. yang mau saya jual adalah "BUBUR KACANG IJO".
kenapa harus bubur kacang ijo??
Kelebihan dari kacang hijau, walaupun direbus lama ( sampai hancur ) khasiat kacang hijau tidak berkurang dan tidak terpengaruh panas. Berbeda dengan bahan makanan yang lain seperti sayur, buah, dan ramuan tradisional lainnya yang apabila di rebus terlalu lama akan menurunkan khasiat obatnya. Kandungan gizi yang terdapat dalam 110 gr kacang hijau adalah 345 kalori, 22,2 gr protein, 1,2 gr lemak, dan sisanya berupa vitamin A, vitamin B1, fosfor, zat besi, mangan. Selain enak dan banyak mengandung banyak vitamin dan mineral manfaat kacang hijau juga dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti beri -beri, radang ginjal, tekanan darah tinggi, keracunan alkohol dan pestisida, mengurangi gatal karena biang keringat, muntaber, menguatkan fungsi limpa dan lambung, impotensi, TBC, jerawat, mengatasi flek hitam di wajah, dan menurunkan demam.

hhahaha, ga prestise banget yaa^^ mau jadi pengusaha tapi jualannya cuma bubur kacang ijo... dan lagi pasti bakal banyak yang tertawa, memang ada yang mau beli? memangnya menguntungkan? emang sempet sambil kuliah? gimana caranya bisa sukses? well, yang namanya dunia bisnis. selalu ada yang untung dan rugi. tapi, yang tidak berani mencoba adalah yang paling merugi. 

yg bisa saya jawab dari pertanyaan di atas adalah: "cuma orang yang bisa melihat masa depan yang boleh tertawa, kalau tidak bisa ya tunggu saja :) "

Franz Sinatra Yoga
CEO G.A.L.A.U
Founder Portland Medical Outlet

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by phii | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code