Jumat, 28 Oktober 2011

Pertumbuhan Manula Enam Kali Perkembangan Penduduk

Sanur (Antara Bali) - Pertumbuhan penduduk manusia usia lanjut atau manula yang berusia di atas 60 tahun di Indonesia mencapai 2,9 persen per tahun, padahal pertumbuhan total penduduknya hanya 0,5 persen.

Pertumbuhan manula itu hampir enam kali dari pertumbuhan penduduk secara keseluruhan. "Itulah potret ledakan penduduk usia tua yang sedang berlangsung di negeri ini," kata Ketua Komisi Kedokteran Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Sjamsuhidajat Ronokusumo pada Konferensi Internasional "Population Aging Explosion: Opportunities and Challenges" yang diselenggarakan AIPI di Sanur, Bali, Rabu.

Angka yang diperoleh dari PBB itu menyebut, pada 2010, 8,9 persen atau sebanyak 20,9 juta jiwa penduduk Indonesia yang berjumlah 235,7 juta itu merupakan penduduk berusia di atas 60 tahun.

Sedangkan pada pertengahan abad nanti (2050) total penduduk Indonesia diperkirakan berjumlah 284,6 juta dengan 67,3 juta di antaranya (24 persen) berusia lebih dari 60 tahun, ujar Ketua Panitia konferensi yang berlangsung pada Selasa-Kamis (11-13 Oktober) tersebut.

"Komposisi penduduk yang penuh dengan beban seperti ini bisa mengantarkan Indonesia ke situasi negara krisis seperti yang terjadi di Yunani dengan penduduk usia tua sampai 17 persen, Irlandia 18 persen dan Italia 19 persen," katanya.

Konferensi ini merupakan lanjutan dari konferensi bersama Akademisi Ilmu Pengetahuan AS-Asia tentang Tantangan Penduduk Menua di Beijing dan New Delhi (2010-2011).

Konferensi kali ini AIPI bekerja sama dengan ACAP (Active Aging Consortium Asia Pacific) dan CAS-UI (Centre for Aging Studies, Universitas Indonesia) dan dihadiri oleh peserta dan pembicara dari AS, Inggris, Australia, India, China, hingga Malaysia.(*)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by phii | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code